Minggu, 08 November 2009

haji



Assalamualaikum WR.WB.
haji menurut saya adalah dimana kita umat beragama islam melaksanakan rukun islam yang ke-5 yaitu : naik haji bagi yang mampu. hajii di laksanakan di wajibkan dalam seumur hidup adalah sekali dalam seumur hidup. banyak saya dengar cerita-cerita orang dan termasuk famili saya mengerjakan haji nya sampai 2 kali,3kali,malahan ada yang sampai 4 kali naik haji tersebut. dan menurut pengtahuan saya bahwa orang yang mengerjakan haji 2 kali atau lebih itu di sebut sunah saja lagi, dan yang pertama itu baru merupakan wajib.
patutlah kita syukuri bagi umat islam beragama yang telah bisa melaksanakan atau menunaikan ibadah haji. di mana naik haji itu perlu biaya yang besar pula dan memebutuhkan peroses yang cukup lama dalam pengurusan ibadah haji ini.
berdasarkan fakta yang saya lihat banyaknya para perdaftar calon jemaah haji dari tahun ke tahun. sebagai contoh : kita mendaftar haji pada tahun ini, maka proses kita berangakat atau jadwal kita berangkat bisa jadi tahun 2014, 2015 dan seterunya, dari contoh ini bisa kita berpikir misalnya kita berangkat di tahun 2015. apakah pada tahun itu kita masih sehat wala'fiat, atau maaf bicara masih hidup, maka dari itu patut lah kita bersyukur yang telah dapat menunaikan ibadah haji dan memenuhi panggilan Allah S.W.T
saya berharap para calon jemaah haji yang berangkat tahun yang akan datang di berikan kesehatan dan kesempatan untuk memenuhi panggilan Allah S.W.T , Amin ya robbal Allamin!!
dan jemaah haji yang berangkat pada tahun ini saya mengucapakan selamat menjalan ibadah haji semoga jemaah haji di seluruh wilayah indonesia di berikakn Allah S.W.T kesehatan jasmani&rohani dalam menjalakan ibadah haji, dan menjadi haji yang mabrur. Amin-Amin ya robbal Allamin!!
dan akhir penulisan artikel ini saya melaturkan mohon maaf atas segala penulisan kata-kata atau bahasa yang salah dalam penulisan.
"Assalamualaikum .WR.WB"