wirausaha jambu biji

20.01 Posted In Edit This 4 Comments »


Profil pendiri : - Bapak safrial, m                                        
                          - ibu zainap
Sejarah          :  awal didirikan nya usaha jambu oleh pak safrial dan ibu zainap pada tahun 2006, di karenakan pernah  tinggal di rumah mereka Teman juah dari wilayah karo, Sumatra utara(medan). Dari teman tersebut menceritakan tentang bagaimana mengola jambu yang bagus dan kualitas jambu yang baik, cara memasarkan nya. dari pengetahun tersebut pak safrial kemudian berinisiatif untuk mencoba nya, di karena sebelum usaha jambu di lakukuan nya pak safrial mempunya usaha lain  yaitu agen penjualan udang vaname di wilayah pekan baru yang terletak di  pasar bawah. dari buah pikiran tadi, dan dikarena kan juga ibu zainap mempunyai waktu luang dirumah, kemudian bapak melihat dan bertindak dengan melihat peluang bahwa usaha jambu ini akan berjalan, lalu pak safrial melakukan nya dengan cara yang telah dia dapatkan dari teman nya tersebut, hal pembibitan,penyiapan benih, pengolahan dan lain-lain, sehingga saat sekarang telah mempunyai kebun jambu sendiri.
     Adapun jambu yang di pasarkan nya : jambu biji putih, jambu biji batu (merah) dan ditambah olahan jambu biji jadi manisan jambu, kemudian keripik, jambu biasa, dan kerja sama perusahaan goodtea dalam pemasaran air minimum goodtea. Dalam keluarga pak safrial mempunyai 4 orang, anak pertama laki-laki(kuliah), kedua laki-laki(sma), ketiga peremuan(smp), terakhir anak laki-laki(belum sekolah). Dan mereka juga turut membantu dalam hal penjualan usaha jambu dan udang tersebut.

Asal usul jambu dan kandungan jambu :
Jambu batu (Psidium guajava) atau sering juga disebut jambu biji, jambu siki dan jambu klutuk adalah tanaman tropis yang berasal dari Brazil, disebarkan ke Indonesia melalui Thailand. Jambu batu memiliki buah yang berwarna hijau dengan daging buah berwarna putih atau merah dan berasa asam-manis. Buah jambu batu dikenal mengandung banyak vitamin C.
Jenis – jenis jambu antara lain :
1.      Jambu Kristal taiwan
Jambu Biji Kristal merupakan mutasi dari residu Muangthai Pak, ditemukan pada tahun 1991 di District Kao Shiung -Taiwan. Diperkenalkan di Indonesia pada tahun 1991oleh Misi Teknik Taiwan. Jambu Kristal sebetulnya tidak benar-benar nirbiji, jumlah bijinya kurang dari 3% bagian buah, sepintas Jambu Biji Kristal hampir tidak berbiji.
2.      Jambu pasarminggu
Jambu pasarminggu memiliki dua varian: berdaging buah putih dan merah. Yang berdaging putih, dikenal sebagai jambu 'susu putih', lebih digemari karena rasanya manis, daging buahnya agak tebal, dan teksturnya lembut. Yang berdaging buah merah kurang disukai karena buahnya cepat membusuk dan rasanya kurang manis. Kulit buahnya tipis berwarna hijau kekuningan bila masak. Bentuk buahnya agak lonjong dengan bagian ujung membulat, sedangkan bagian pangkal meruncing. Jambu pasarminggu merupakan ras lokal.
3.      Jambu Getas Merah
Jambu Getas Merah adalah varian jambu biji yang berdaging hijau sampai kekuning kuningan dan berisi merah muda. Jambu ini beda dengan jambu pasar minggu, jambu ini bentuknya agak meonjong dan rasanya kurang manis, tetapi jambu ini memiliki hasiat yang baik karena mengandung Tanin, quersetin, glikosida quersetin, flavonoid, minyak atsiri, asam ursolat, asam psidiolat, asam kratogolat, asam oleanolat, asam guajaverin dan vitamin yang lebih banyak. kelebihannya lagi jambu getas merah ini tidak mengenal musim, dan selalu berbuah setiap saat dan dan kebanyakan kikembangbiakkan dengan pencangkokan. jambu ini sudah banyak di budidayakan di daerah Kendal, asalnya dari Getasblawong Pageruyung Kendal.
4.      Jambu australia
Jambu biji australia diintroduksi dari Australia. Kekhasannya adalah daunnya berwarna merah keunguan. Walaupun buahnya dapat dimakan, biasanya orang menanam di pekarangan lebih sebagai tanaman hias. Buahnya manis bila sudah masak, tetapi tawar bila belum matang.
5.      Jambu sukun
Kata sukun berarti "tidak berbiji". Jambu varietas unggul ini memang tidak memiliki biji; kalaupun ada hanya 2-3 biji. Daging buahnya putih kekuningan dengan rasa manis agak asam. Teksturnya agak keras, renyah, dan beraroma wangi. Bentuk buahnya mirip apel, dengan ukuran panjang antara 4-5 cm. Kulit buahnya bila matang berwarna hijau keputihan. Jambu sukun dapat berproduksi terus menerus sepanjang tahun, meskipun relatif sedikit. Namun demikian, jenis jambu ini relatif tahan terhadap serangan hama dan penyakit.
6.      Jambu bangkok
Jambu bangkok merupakan sebutan untuk jambu biji dengan buah yang besar. Beberapa memang diintroduksi dari Thailand. Salah satunya adalah 'jambu sari'. Bentuk buahnya bulat sempurna dengan garis tengah sekitar 10cm. Ukuran buah mentahnya lebih besar daripada ketika matang.



Manfaat jambu biji :
- Daun jambu biji dikenal sebagai bahan obat tradisional untuk batuk dan diare. Jus jambu biji Bangkok \juga dianggap berkasiat untuk membantu penyembuhan penderita demam berdarah dengue. Daun jambu biji sudah dikenal sejak dahulu sebagai pencegah dan mengurangi diare. 3 helai jambu biji direbus dengan 2 gelas air putih lalu direbus,lalu disaring dan diminumkan pada orang yang terkena diare.
- Buah jambu biji mengandung banyak vitamin dan serat, sehingga sangat cocok sekali dikonsumsi untuk menjaga kesehatan. Warna daging jambu biji yang merah mengidikasikan jambu biji kaya akan vitamin A untuk kesehatan mata dan antioksidan. Buah jambu biji sangat cocok sekali dikonsumsi di siang hari karena buahnya yang segar dan mendinginkan badan.
                                          
Tujuan usaha jambu :
- tahap pencapaian pertumbuhan ekonomi keluarga
- meningkatkan pendapatan rumah tangga
- mewujudkan  kemajuan dan kesehjahtraan bagi keluarga
- menumbuh kembangkan kesadaran orientasi usaha bagi keluarga

Surat izin usaha :   no : 0570/MP…LI/Dir/XII/2009

Usaha – usaha lain di lakukan keluarga :
- antara nya pemasaran usaha jambu di lakukan di pasar bawah
- pemasaran udang vaname di seluruh dareh pekan baru tempat nya antara lain:
      1. pasar kodim
      2. pasar luar daerah kerinci(pelalawan)
Keanggotaan dan kepengurusan usaha
- dalam hal keanggotaan yang mengurus usaha tersebut hanya dari pihak keluarga bapak dan ibu. yang rutin mengurus dari ibu zainap atau bapak ,anak-anak turut membantu apabila telah selasai dari kegiatan peroses sekolah dan kuliah.



Kerjamasa :  - dengan perusahaan goodtea dalam memasarkan air minium tea (www.goodtea.biz)
                      - bank BRI dalam hal peminjaman dana
                      - kerjasam dalam pemasaran agen udang vaname : - pasar kodim
                                                                                                       - pasar luar daerah (pelalawan)
                                                                                                       - dan lain-lain

Omset, simpanan/ pinjaman :
Penjualan perminggu


keterangan
satuan
harga
Jambu biji putih
1 kg
Rp. 12000
Jambu biji merah(batu)
1 kg
Rp. 25000
Manisan jambu
3 ons
Rp. 7000
Keripik kentang
1 bungkus
Rp. 15000
tea
1 gelas
Rp. 4000
                                                                                                      


                                                                                                      


Dari omset penjualan jambu biji/batu/manisan 1 minggu  di perkiraan              Rp. 5.000.000
Usaha yang ditekunin nya sebelum itu agen udang vaname 1 minggu               Rp. 2.00.000.000
 Jumlah perkiraan pendapatan dalam 1 minggu belemu termasuk yang lain.       Rp. 2.05,000,000

Permasalahan dan penyelesaiannya :
 - dari pihak internal/keluarga tidak ada masalah yang dihadapi, kalau soal pembuahaan jambu tersebut terus berbuah tiap minggu nya, akibat dari pemupukan dan pembibitan yang baik dan lain-lain.
 - dari ekstrenal / dari luar : kalau masalah harga hamper sama semua, seandanya tempat harga di wilayah lain turun bapak tidak kuatri soal harga, buahnya pak safrial sangat memperhatikan kualitas dan mutu buah yang di pasarkan. Terbukti dari beberapa pelanggan pembeli buah jambu di tempat lain yang harga murah  dari usaha bapak tersebut, mereka mengakatakan buah pak safrial bagus kualitas nya pada di tempat lain yang lebih murah tersebut.

Kesimpulan dari wirausaha jambu biji :
- dari usaha jambu dapat meningkat omset pedapatan usaha pak safrial m,
- selain itu juga banyak manfaat dan kaya akan serat seperti : - sebagai obat Diabetes Melitus
                                                                                                              - dapat mengobati Diare  
                                                                                                                        -  Demam Berdarah dan lain-lain
- selain itu jambu tersebut bisa di olah menjadi                                 : - Bubur
                                                                                                                       - Pasta
                                                                                                                       - Pengalengan
                                                                                                                       - Teh
                                                                                                                       - Tepung



4 komentar:

Julia Tok mengatakan...

Blh minta nomor pedagang jambu biji tsb?

Unknown mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
Romelo Nangin mengatakan...

Boleh kerja sama saya punya buah jambu biji putih dan biji merah

Romelo Nangin mengatakan...

Anda minat membeli jambu biji?